Kultum Singkat Tentang Hasad (Dengki)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah swt, yang telah memberi kita berbagai macam nikmat hingga kita bisa berkumpul pada hari ini. Selawat serta salam selalu tercurahkan kepada junjungan nabi besar kita Nabi Muhammad saw, beserta keluarga, para sahabatnya dan umatnya hingga akhir zaman.


Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan sebuah kultum yang berjudul "Hasad (dengki)" hadirin yang berbahagia, Allah berfirman dalam (Qs. An-Nisa ayat 54) yang berbunyi,



"ataukah mereka dengki kepada manusia (Muhammad) lantaran karunia yang allah telah berikan kepadanya? Sesungguhnya kami telah memberikan kitab dan hikmah kepada keluarga Ibrahim, dan kami telah memberikan kepadanya kerajaan yang besar (Qs. An-Nisa ayat 54).

Ia merupakan sifat yang tercela, ia bisa membakar hati, membagkitkan kesusahan, membawa pelakunya ke jalan penghinaan, hingga dia menghabisinya dengan cangkul yang paling kuat. Bersabarlah kalian terhadap gangguan orang yang dengki, karena kesabaranmu akan membunuhnya.  

Imam Ahmad meriwayatkan dari Az-Zubair bin Al-Awwam RA, dari Nabi Saw, bahwa beliau bersabda, 

"Penyakit umat-umat sebelum kalian menular kepada kalian: dengki dan benci. Kebencian adalah yang mencukur rambut. Demi Dzat yang jiwaku berada di tangannya, kalian tidak beriman dengan sempurna hingga kalian saling mencintai, maukah kalian saya tunjukan sesuatu, yang jika kalian melakukannya, kalian akan saling mencintai : tebarkanlah salam diantara kalian."

Tidak ada yang membawa umat-umat kepada sumber-sumber kehancuran dan memulangkannya pada sumber-sumber kebinasaan selain dengki. 

Wahai hamba allah, dengki adalah penyakit yang membunuh persaudaraan, menghilangkan kekerabatan, dan memutuskan tali kasih sayang. Nabi Saw memberikan peringatan terhadap hal itu, beliau bersabda

"Janganlah kalian saling membenci, saling dengki, saling membelakangi, saling memutuskan (hubungan). Dan jadilah kalian hamba hamba allah yang bersaudara." HR. Al-Bukhari. 

Dan sesungguhnya diantara konsekuensi dari sifat dengki adalah buruk sangka (kepada orang lain) mencari-cari kesalahan, menyebarkan keliruan, dan senang terhadap kekhilafan, karena itulah kita sebagai umat muslim harus menghindari sifat dengki, dan jadilah hamba hamba allah yang bersaudara. 


Sekian ceramah singkat ini, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 


Tidak ada komentar untuk "Kultum Singkat Tentang Hasad (Dengki) "

Iklan Tengah Artikel 2