Tanda-Tanda Kecil (Sughra) Hari Kiamat Pada Masa Sekarang

Kiamat dalam bahasa Arab disebut sebagai Yaumul Qiyamah yang memiliki arti hari berakhirnya seluruh kehidupan makhluk hidup dan kehidupan dunia atau bisa disebut Hari Akhir. Wajib bagi kita sebagai umat muslim beriman kepada hari kiamat, bahwa kita i'tiqadkan "Sesungguhnya hari kiamat itu adalah benar (akan terjadi)". 


Tanda Tanda Kecil Hari Kiamat


Adapun sebagian tanda-tanda kecil (pada masa sekarang), antara lain adalah:

1. Perzinahan merajalela:


Perzinahan

Dari Anas bin Malik, ia berkata: "Rasulullah saw bersabda: "Diantara tanda-tanda hari Kiamat itu: ".....dan merajalelanya zina (HR : Al-Bukhari dan Muslim).

2. Minuman keras merajalela:



Dan dari Anas bin Malik, ia berkata: "Rasulullah saw bersabda: "Diantara tanda-tanda hari Kiamat itu: "....... diminumnya Khamar, dan merajalelanya zina. (HR : Al-bukhari dan Muslim).

3. Bermegah-megahan membangun Masjid:

Dan dari Anas bin Malik : "Bahwasanya Nabi saw bersabda : "Hari Kiamat tidak akan datang, hingga manusia Bermegah-megahan membangun Masjid-masjid. (HR : Ahmad, Abu Daud, dan Ibnu Majah).

4. Berlomba-lomba mendirikan bangunan:

Dari Abu Hurairah, ia berkata : "Pernah suatu hari Rasulullah saw muncul dihadapan orang banyak, lalu datang kepadanya seorang laki-laki, sambil bertanya : "Wahai, Rasulullah! Apakah itu Iman? (Nabi) menjawab : "Engkau beriman kepada Allah, para Malaikat, dan kitab-kitabnya.

(Laki-laki) itu bertanya lagi : "Kapankah hari kiamat itu terjadi? Beliau menjawab : "Tidaklah orang yang ditanya lebih tau daripada yang bertanya. Akan tetapi aku akan memberitahukan kepadamu tentang tanda-tandanya.

Dan apabila para pengembala hewan ternak berlomba-lomba meninggikan bangunan, maka itu termasuk tanda-tandanya.. (Abu Hurairah) berkata : "Kemudian laki-laki itu pun pergi, maka Rasulullah saw bersabda : "Suruh laki-laki itu kembali kehadapanku! Maka mereka mencarinya, namun mereka tidak melihatnya lagi.

Maka Rasulullah saw bersabda : "Itu adalah Jibril. Dia datang untuk mengajarkan kepada manusia tentang agama mereka. (HR : Al-Bukhari dan Muslim)
Lafazh/Redaksi Hadist ini, oleh : Muslim.

5. Banyak pembunuhan dimana-mana:

Pembunuhan

Dari Abu Hurairah : "Bahwasanya Rasulullah saw bersabda : "Tidak akan terjadi hari Kiamat, hingga banyak peristiwa Haraj. Mereka bertanya : "Apakah Haraj itu wahai Rasulullah? (Nabi) menjawab : "Pembunuhan, pembunuhan. (HR : Muslim).

6. Waktu semakin singkat :


Waktu

Dari Abu Hurairah, dari Nabi saw bersabda : "Waktu semakin singkat, amalan semakin berkurang, semakin ditemukan sifat kikir, fitnah bermunculan dan banyak Haraj. Mereka bertanya: "Apakah Haraj itu, ya Rasulullah? Beliau menjawab : "Pembunuhan, pembunuhan. (HR : Al-Bukhari).

Diantara para Ulama terdapat perbedaan pendapat tentang penafsiran makna Hadist ini, yang lebih mendekati adalah : "Perjalanan jauh dapat ditempuh dalam waktu yang singkat.

7. Semakin banyak gempa bumi :


Gempa Bumi

Dari Abu Hurairah : "Bahwasanya Rasulullah saw bersabda : "Tidak akan terjadi hari Kiamat, hingga..... dan banyak gempa bumi. (HR : Al-Bukhari).

8. Mengikuti prilaku umat lain :

Dari Abu Sa'id Al-Khudri r.a ia berkata : "Rasulullah saw bersabda : "Sungguh (nanti) kalian akan mengikuti ajaran (prilaku) orang-orang yang sebelum kalian, sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta, hingga seandainya mereka masuk ke lubang biawak, kalian akan mengikuti mereka. Kami bertanya : "Apakah itu orang-orang Yahudi dan Nasrani, wahai Rasulullah? Beliau menjawab : "Siapa lagi?  (HR : Al-bukhari dan Muslim).

Diantara tanda-tanda semakin dekatnya hari Kiamat itu, adalah adanya perubahan pada prilaku kaum Muslimin, yang berakhlak serta berprilaku seperti non Muslim.

Tradisi barat akan merasuki pikiran mereka, hingga wanita-wanita Muslim tidak lagi peduli dengan kemuslimannya, karena terpesona oleh gaya kebarat-baratan, mereka merasa tertinggal dengan berakhlak Karimah.

Inilah yang disabdakan oleh Nabi saw : "Sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta, semakin terseret ke akhlak Jahiliyah, lama kelamaan menjadi sirna, karena semakin kuatnya hak asasi manusia.


Tidak ada komentar untuk "Tanda-Tanda Kecil (Sughra) Hari Kiamat Pada Masa Sekarang"

Iklan Tengah Artikel 2