Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kultum Singkat Tentang Ikhlas

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 

Ikhlas

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah Swt, yang telah memberi kita berbagai macam nikmat hingga kita bisa berkumpul pada hari ini. Selawat serta salam selalu tercurahkan kepada junjungan Nabi besar kita Nabi Muhammad saw, beserta keluarga, para sahabatnya dan umatnya hingga akhir zaman.

Alhamdulillah kita masih diberikan kesempatan pada siang hari ini untuk bertemu di masjid besar ini. Alhamdulillah kita diberi nikmat sehat yang tiada tarannya sehingga kita dapat berkumpul untuk saling bersilaturahim.

Baiklah para hadirin yang saya cintai. Disini saya akan menjelaskan kultum singkat tentang keutamaan rasa ‘’iklas’’ dalam diri dan jiwa kita sebagai manusia. 

Sebagaimana kita ketahui bahwa ikhlas adalah membersihkan hati supaya menuju kepada Allah semata, dengan kata lain dalam beribadah, hati tidak boleh menuju kepada selain Allah Swt.

Ikhlas dalam setiap ketentuan Allah baik itu baik atau buruk. Karena kita hanyalah manusia yang diri ini sendiri adalah milik Allah, kapanpun kita dan segala yang Allah berikan sebagai nikmat di dunia ini dapat diambil kapanpun dimanapun. Oleh karena itu, menjaga agar diri ini senantiasa ikhlas dalam setiap ketetapan itu amatlah penting. 

Setiap manusia selalu mengharap diberkahi dengan kenikmatan hidup baik itu keluarga, harta, tahta semua adalah karunia yang diberikan Allah dalam wujud nyata dan terlihat. Selain itu masih banyak nikmat tak terlihat yang kadang kita tidak sadari seperti nikmat sehat, bernafas, bahkan ketika kita dapat merasa ikhlas itu juga adalah nikmat yang luar biasa. 

Ikhlas itu memang tidak mudah, tetapi ketika dalam jiwa ini selalu dipupuk untuk ikhlas karena Allah maka akan bersemayamlah iman yang tak ternilai hargannya. Bahkan keihlasan pada setiap takdir Allah itu tidak dapat dibeli walau serupiah pun harganya. 

Sebagaimana ketika kita memberikan sesuatu baik berwujud materi atau non materi kepada orang lain hendaklah kita bersikap ikhlas tulus hanya mengharap imbalan dari sang kuasa tanpa menyebut-sebut pemberian yang dapat menyakiti orang yang telah kita beri atau tolong. 

Sekian kultum singkat dari saya, semoga dapat memberikan manfaat bagi saudara sekalian. Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

Posting Komentar untuk "Kultum Singkat Tentang Ikhlas"