Contoh Kultum Singkat Tentang Sabar

 Assalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh.

Alhamdulillahirabbil Alamin, wabihi nasta'in ala umuriddunyawaddin, asholatuwassalamu'ala asrofil ambiyaa iwal mursalin wa'ala alihi washohbihi ajma'in.

Yang pertama marilah kita panjatkan rasa syukur kita pada Allah SWT. Yang telah memberi kita berbagai macam nikmat untuk bisa berkumpul di Masjid besar ini dan sama-sama mengkaji dan memahami isi kultum yang akan disampaikan.


Di dalam kesempatan ini, saya ingin menyampaikan dan menjelaskan sedikit tentang makna sabar. Serta sifat dan keutamaan sabar di dalam kehidupan kita sehari-hari. 

Pada dasarnya asal kata sabar ini berasal dari kata "sobaru yasbiru" yang artinya adalah menahan. Pengertian dari menahan ini sangat luas, dan pengertian dari sabar itu sendiri bisa diartikan seperti ketika kita puasa dalam menahan hawan nafsu.

Sabar juga dapat diartikan ketika kita harus menghadapi orang yang berperilaku buruk terhadap kita.

Sehingga kita harus menghadapinya dengan sikap sabar dan menahan nafsu kita, bukan dengan amarah membalasnya.

Yang perlu kita ingat adalah, tidak semua orang bisa mendapatkan suatu kenikmatan dari sikap sabar tersebut. karena memang sejak awal orang tersebut sudah bisa menahannya dengan baik. 

Sehingga penting bagi kita untuk selalu mendekatkan diri pada Allah SWT, dan meminta pada-Nya agar selalu diberikan kesabaran yang tidak ada batasnya.

Sehingga kita pun akan mendapat pahala sebanyak-banyaknya dari Allah SWT, ketika kita bersikap  sabar terhadap segala sesuatu. Allah SWT berfirman di (surat Al-Baqarah Ayat 153), yang di mana isinya yaitu tentang kesabaran. 

Di dalam ayat tersebut Allah menerangkan bahwa, Ia akan selalu memberi pertolongan kepada setiap hambanya yang menjalani perintahnya dengan baik.

Pertolongan akan diberikan oleh Allah SWT pada setiap hambanya yang sedang mengalami kesusahan, namun tetap melaksanakan shalat wajib serta bisa menahan diri dengan sikap sabar. Itulah keistimewaan dari sikap dan rasa sabar itu sendiri.

Semoga apa yang saya sampaikan hari ini, dapat memberi manfaat untuk kehidupan para jamaah sekalian. Kurang dan lebihnya saya mohon maaf. 

Wassalamualaikum Warrahmatulohi Wabarakatuh

Tidak ada komentar untuk "Contoh Kultum Singkat Tentang Sabar"

Iklan Tengah Artikel 2