Tanda-Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar Pada Bulan Ramadhan

Bahwa sesungguhnya di bulan Ramadhan ini, kita akan bertemu dengan suatu malam, dimana malam tersebut adalah malam yang agung, malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu malam Lailatul Qadar sebagaimana allah telah berfirman pada (QS.Al-Qadr ayat 2-3) yang berbunyi:
"Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam Kemulian itu lebih baik dari seribu bulan." (QS.Al-Qadr ayat 2-3)



Kapan persisnya Lailatul Qadar itu?

Di dalam Al-Quran tidak terdapat penjelasan kapan waktu Lailatul Qadar itu. Akan tetapi hadist-hadist menyebutkan bahwa Lailatul Qadar itu adanya pada sepuluh hari terakhir Ramadhan; karena hadist yang diriwayatkan oleh al-bukhari bahwa Rasulullah saw pernah i'tikaf pada sepuluh hari pertama dari ramadhan untuk mencari malam Lailatul Qadar. 

Kemudian beliau diberitahu bahwa Lailatul Qadar itu ada pada sepuluh hari terakhir dan beliau bermimpi melihatnya serta melihat dirinya sujud pada subuhnya dia air tanah basah. Pada malam ke-21 Ramadhan, Beliau i'tikaf. Lalu turun hujan dan atap masjid bocor, dan atap masjid Nabi Muhammad saw terbuat dari pelepah. Lalu beliau shalat subuh dengan sahabat-sahabatnya. Kemudian beliau sujud diatas tanah. Anas berkata, "maka aku melihat air dan tanah di kening beliau, Beliau sujud di air dan tanah."

Malam Lailatul Qadar itu mempunyai beberapa tanda:
1) Pada malam itu cuaca sangat cerah, dan tak ada yang merasakan hal ini kecuali orang yang jauh dari cahaya.
2) Pada malam itu lebih bercahaya
3) Pada malam itu seorang mukmin merasakan ketenangan dan kelapangan dada melebihi yang dirasakannya pada malam-malam lainnya.
4) Angin bertiup perlahan.
5) Terkadang Allah swt memperlihatkan malam Lailatul Qadar itu kepada seseorang melalui mimpinya
6) Pada malam itu seseorang merasakan kelezatan dalam beribadah jauh melebihi apa yang dirasakannya pada malam malam lainnya.
7) Pada pagi harinya matahari terbit tidak bercahaya (redup), tidak seperti biasanya pada hari-hari lain, sebagaimana disebutkan dalam hadist yang termuat dalam hadist Shahih Muslim dari Ubay Ibn Ka'ab ra: "Rasulullah saw telah mengabarkan kepada kami bahwa matahari pada hari itu terbit tidak bercahaya.

Tidak ada komentar untuk "Tanda-Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar Pada Bulan Ramadhan"

Iklan Tengah Artikel 2