Tanda-Tanda Kecil (Sughra) Hari Kiamat Pada Masa Mendatang

Sebelum terjadinya hari Kiamat Kubra (besar), terlebih dahulu Allah swt akan memberikan tanda-tanda kedatangannya, agar para hambanya memahami dan lebih yakin.

Wajib bagi kita sebagai umat muslim beriman kepada hari kiamat, bahwa kita i'tiqadkan "Sesungguhnya hari kiamat itu adalah benar (akan terjadi)". 

Kiamat Sugra

Adapun sebagian tanda-tanda kecil (pada masa mendatang), antara lain adalah:

1. Hilangnya Ilmu Agama, karena wafatnya para Ulama:



Dari Anas bin Malik, ia berkata: "Rasulullah saw bersabda : "Diantara tanda-tanda hari Kiamat itu, ialah diangkatnya ilmu, dan timbulnya kebodohan (terhadap ilmu agama). (HR: Al-Bukhari dan Muslim)

Dan dari Abdullah bin Amru bin Al-Ash, ia berkata : "Aku mendegar Rasulullah saw bersabda: "Sesungguhnya Allah tidaklah mengambil kembali ilmu pengetahuan itu dengan cara mencabut dari hati para hambanya.

Tetapi (Allah) mengambil ilmu itu dengan mematikan para Ulama, sehingga apabila para Ulama itu telah punah, maka masyarakat memilih pemimpin mereka orang-orang bodoh (tentang agama), lalu mereka bertanya, maka (orang-orang bodoh itu) memberi fatwa tanpa pengetahuan, hingga mereka sesat lagi menyesatkan. (HR : Al-Bukhari dan Muslim).

2. Wanita lebih banyak dari pria:

Dari Anas bin Malik , ia berkata : "Aku akan ceritakan kepada kalian satu Hadist, yang tidak seorang pun lagi akan menceritakan kepada kalian : "Aku mendengar Rasulullah saw bersabda : "Diantara tanda-tanda (akan datangnya) hari Kiamat itu, ialah lebih banyak wanita dari pada pria, hingga bagi 50 wanita hanya ada 1 pria yang mengurusi. (HR : Al-Bukhari, At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Ibnu Hajar mengatakan didalam kitab "Fathul Baari":

Tentang sabda Nabi saw : ".... lebih banyak wanita daripada pria.
ada yang mengatakan penyebabnya adalah karena semakin banyaknya peperangan, sehingga kaum laki-laki banyak yang terbunuh, dan karena mereka lah yang bereperang, bukan kaum wanita.

Abu Abdul Malik mengatakan: "Itu menunjukan semakin banyaknya terjadi peperangan, hingga makin banyak pula tawanan, maka seorang laki-laki mengawini wanita, lebih dari satu orang.

Saya (Ibnu Hajar) menjawab : "Hal ini perlu diteliti, karena ada penjelasan didalam hadist (Riwayat) Abu Musa pada Bab. Zakat mengatakan : "Semakin sedikit kaum lelaki, sedangkan kaum wanita semakin banyak.

Ini merupakan fenomena yang benar-benar murni (akan terjadi) nanti, bukanlah karena sebab lainnya. Tetapi Allah swt mentaqdirkannya sebagai salah satu dari tanda-tanda akhir zaman: "Dengan mengurangi jumlah kelahiran anak laki-laki dan memperbanyak kelahiran  anak perempuan.

Dan keadaan jumlah wanita itu lebih banyak menunjukkan tanda-tanda hari Kiamat, sesuai timbulnya kebodohan dan hilangnnya ilmu (agama).

3. Budak wanita melahirkan majikannya:

Sebagaimana Hadist yang tersebut pada hal. 258 No. Urt : 98 riwayat dari Abu Hurairah r.a ia berkata: (Nabi) bersabda : "Tidaklah orang yang ditanya lebih tahu dari yang bertanya, akan tetapi aku akan memberitahukan kepadamu tantang tanda-tandanya, yaitu : "Apabila seorang budak wanita melahirkan majikannya (HR : Al-Bukhari dan Muslim).

Mayoritas Ulama mengatakan: "Hadist tersebut (mengisyaratkan) tentang banyaknya gundik-gundik dan anak-anak yang dilahirkan. Karena anak yang ia lahirkan dari majikannya, kedudukannya setara dengan majikannya, sebab harta seseorang akan berpindah kepada anaknnya.

Terkadang suatu ketika (si anak) itu dapat membelanjakan (harta) itu layaknya seperti pemiliknya, baik itu terang-terangan dengan seizin ayahnya, maupun sekedar mengetahui secara qarinah atau uruf (menurut kebiasaan dalam penggunaanya).

4. Bumi Arab akan ditumbuhi rumput dan bersungai:



Dari Abu Hurairah r.a dari Nabi saw beliau bersabda : "Hari Kiamat itu tidak akan datang, sampai harta banyak dan melimpah, hingga seseorang keluar (membawa) zakat hartanya, tapi ia tidak menemukan seorang pun yang sudi menerima (zakat)nya, dan hingga bumi Arab menjadi padang rumput dan bersungai-sungai. (HR : Muslim).

5. Sungai Eufrat menyingkap Emas:



Dari Abu Hurairah : "Bahwasannya Rasulullah saw bersabda : "Tidak akan terjadi hari Kiamat, hunnga sungai Eufrat menyingkap gunung emas, manusia saling membunuh karenannya. Maka setiap seratus orang, terbunuh 99 orang. Lalu setiap orang dari mereka berkata : "Semoga akulah yang selamat. (HR : Muslim)

Tidak ada komentar untuk "Tanda-Tanda Kecil (Sughra) Hari Kiamat Pada Masa Mendatang"

Iklan Tengah Artikel 2